@isyanasarasvati
@isyanasarasvati
KOMENTAR

PENYANYI muda Isyana Sarasvati yang dikenal dengan kemampuan musikal dan vokal yang menakjubkan mengunggah keterangan tentang kondisi kesehatannya yang sedang tidak baik-baik saja.

“Mungkin banyak yang bertanya-tanya aku kenapa, bolak-balik RS melulu beberapa waktu ke belakang. Intinya akhir tahun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE. Nah sekarang sedang flare. Begitu. Sudah ditangani dengan sangat baik di sini, feeling so so much beter now,” tulis Isyana di akun Instagram @isyanasarasvati (20/4/2023) menyertai sebuah fotonya sedang diinfus di kamar rumah sakit.

Tak pelak komentar membanjiri laman Instagram penggemar K-Pop tersebut. Banyak yang mendoakan Isyana agar cepat sembuh. Namun seorang warganet menyebutkan bahwa Lupus tidak bisa disembuhkan tapi bisa dikendalikan.

Banyak pula orang dengan Lupus yang memberikan suntikan semangat untuk Isyana. Mereka mengatakan bahwa ia harus tetap menjaga semangatnya karena banyak orang yang bisa mendapatkan ‘remisi’ Lupus bertahun-tahun dan tetap bertahan.

Dilansir laman kemkes.go.id, SLE atau Systemic Lupus Erythematosus akrab dikenal masyarakat sebagai penyakit Lupus. SLE adalah salah satu penyakit autoimun reumatik kronis, yang dapat mengenai banyak organ tubuh dengan tampilan klinis yang sangat beragam.

Dikenal juga dengan sebutan “penyakit seribu wajah” karena antara satu pasien dan pasien lain mempunyai manifestasi klinis yang berbeda-beda, bahkan kerap menyerupai penyakit lain.

Secara umum, penyakit autoimun merupakan penyakit akibat gangguan sistem tubuh, tubuh kehilangan kemampuan membedakan antara “self”dan “nonself”. Penyakit autoimun ditandai dengan produksi antibodi terhadap jaringan tubuh sendiri (autoantibodi) secara berlebihan hingga menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan.

Pelantun Tetap Dalam Jiwa itu juga menulis, “TAPI SATU DARI AKU, SEHAT ITU MUAAHAAAL GUYS! Please sayang badan kalian. Kalau memang kecapean, jangan diforsir, istirahat sejenak. Tidak apa-apa.”

Kesibukannya sebagai pencipta lagu dan penyanyi memang menyita banyak energi. Mulai dari proses kreatif dalam produksi lagu berkolaborasi dengan sejumlah musisi, hingga jadwal manggung yang mulai kembali marak seusai pandemi.

Menurut Isyana, ia pun mulai menyadari bahwa kesehatan fisiknya kurang stabil, terlebih setelah harus dua kali dirawat di rumah sakit pada tahun lalu.

Karena itulah ia sudah mulai melek pola hidup sehat salah satunya dengan rutin berolahraga. Dikenal dengan tubuh yang kurus, Isyana mengaku sempat kesulitan untuk mulai berolahraga. Namun berkat latihan dari sang personal trainer, ia sudah bisa melakukan beberapa exercise, termasuk angkat beban.

Isyana mengingatkan kita untuk belajar mengenali diri sendiri, tidak memaksakan diri, dan menjaga kesehatan diri demi kebaikan diri kita sendiri. Tubuh perlu istirahat dengan kuantitas dan kualitas yang baik.

Semangat buat kita semua, terima kasih doa-doa baiknya! Love you,” tutup istri Rayhan Maditra itu.




Mengintip Keseruan Berbelanja Fuji hingga Bryan Domani di Miniso Pink

Sebelumnya

Stephanie Poetri setelah I Love You 3000, Makin Berkibar di Pentas Musik Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment